Gempa Magnitudo 3,4 Landa Blitar, Warga Diminta Waspada Hoax

NTMC POLRI – Gempa bumi  berkekuatan Magnitudo 3,4 mengguncang Blitar, Jawa Timur, Minggu (14/10). Meski begitu, gempa yang terjadi pukul 13.47 WIB tidak dirasakan sebagian besar masyarakat Blitar.

Rilis dari BMKG menyatakan pusat gempa terjadi di 9.25 Lintang Selatan dan 11.98 Bujur Timut. Atau 127 km barat daya Kabupaten Blitar. Dengan kedalaman 16 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

 

Gempa kali ini merupakan peristiwa alam kedua yang terjadi dalam sebulan. Sebelumnya, pada Minggu (1/10) gempa dengan kekuatan M 4,4 melanda Blitar. Namun karena sebagian besar beraktivitas mempersiapkan kesibukan pagi, warga mengaku tidak merasakan getaran gempa itu.

Pusdalob BPBD Kabupaten Blitar menyatakan, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan yang masuk akibat terdampak gempa hari ini. Namun BPBD Kabupaten Blitar mengimbau warga sepanjang pesisir pantai tetap waspada. Terutama beredarnya berita bencana hoax.

“Tetap waspada. Jangan mudah percaya informasi yang beredar. Cek di media mainstrem ya,” imbau Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan.

author