Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Berikut Antisipasi Yang Disiapkan Korlantas Polri

NTMC POLRI – Mengantisipasi arus balik libur Idul Adha, Korlantas Polri sudah menyiapkan beberapa langkah antisipasi dalam memperlancar arus lalu lintas di Tol Cikampek menuju Jakarta.
.
Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Rudy Antariksawan yang memantau langsung situasi arus lalu lintas di KM 62 mengatakan bahwa kendaraan yang akan masuk ke Jakarta baik dari Jawa Tengah atau Tol Cipali maupun dari Jawa Barat dari Tol Cileunyi terpantau ramai lancar. Minggu 2/8/2020.
.
“Arus lalu lintas mulai nampak ramai sejak pukul 14.00 WIB, Baik itu yang datang dari Cipali melalui GT Cikatama maupun dari Tol Cipularang melalui GT Kalihurip Tol yang menuju Jakarta,” ujar Kabag Ops.

Untuk mengantisipasi adanya pertemuan arus kendaraan dari Tol Cipularang dan Tol Cipali di KM 66, Kabag Ops Korlantas Polri bersama jajaran sudah melakukan antisipasi dengan memberlakukan contraflow untuk mengantisipasi kepadatan dan kemacetan
.
“Kita sudah berlakukan contraflow mulai KM 65 berakhir di KM 47, hingga saat ini rekayasa terus berjalan, dan ini cukup membantu melancarkan arus lalu lintas,” sambung Kabag Ops.

Selain menyiapkan contraflow, Kabag Ops Korlantas Polri juga menguraikan bila kendaraan semakin malam pantauan dari Jateng dan Jabar semakin deras. Pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi lain, yakni dengan memperpanjang jarak contraflow hingga KM 28.

“Rest area mulai dari KM 62 sampai Jakarta nanti akan kita atur untuk buka tutup setiap 2 jam sekali melihat situasional arus lalu lintas. Sehingga tidak ada penumpukan ke belakang,” jelas Kabag Ops.

Lebih lanjut Kabag Ops bersama jajaran juga menyiapkan rekayasa terakhir, apabila contraflow juga masih dirasakan kurang atau masih tersendat.
.
“Kita akan lakukan oneway mulai dari gate tol Cikatama dan Kalihurip Utama sampai ke Halim, jika itu arus lalu lintas masih padat,” pungkas Kabag Ops.

author