Harapan Kakorlantas pada Festival Aman Berlalulintas di Universitas Tanjungpura

NTMCPOLRI – Memperingati hari Lalulintas Bhayangkara ke-64 dan Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Refdi Andri M.Si didaulat menjadi menjadi pembicara utama di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

Dalam paparannya Kakorlantas mengatakan jika dilihat dari 3000 peserta lebih yang hadir, tidak sedikit mahasiswa yang peduli terhadap Kamseltibcarlantas. Tidak banyak kota di Indonesia yang perkembangan berlalulintasnya semakin tertib salah satunya Pontianak.

“Mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan dan digelorakan karena lalulintas adalah urat nadi kehidupan. Kita selalu melakukan pergerakan dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.” tutur Kakorlantas, Kamis (19/9/2019).

Kakorlantas mengatakan lalulintas adalah cermin budaya bangsa. Orang yang hadir khusunya ke kota Pontianak cukup melihat lalulintasnya. Apabila tertib maka budayanya kuat khususnya budaya disiplin.

“Selanjutnya lalulintas adalah tingkat modernitas karena kita sudah dihadapkan pada jaman modern. Salah satunya penegakkan hukum, saat ini sudah menerapkan cara elektronik dan digital.” terang Kakorlantas.

Lalulintas menunjukkan tingkat pertumbuhan ekonomi bangsa tambah Kakorlantas. Hal ini bisa dilihat dari semua pergerakan ekonomi tidak terlepas menggunakan lalulintas.

Menurut data badan PBB WHO tahun 2011 lanjut Kakorlantas, betapa tingginya fatalitas korban kecelakaan. Penyebab kematian nomor lima didunia. Maka PBB mengeluarkan kebijakan Decade of Action 2011-2020 untuk menurunkan tingkat lakalantas.

“Pemerintah membuat rencana umum nasional keselamatan berupa Inpres no 4 tahun 2013 tentang aksi keselamatan, serta peraturan pemerintah nomor 37 tahun 2017 tentang Pilar keselamatan berlalulintas.” lanjut Kakorlantas.

Pada akhir acara Kakorlantas bersama tamu undangan melaunching Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas serta memberikan sertifikat dan menyematkan pin Pelopor kepada sepuluh mahasiswa Universitas Tanjungpura dan STIE Widya Dharma.

Turut hadir dalam acara Kapolda Kalbar Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, SH., MH., Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Laksda TNI (Purn) Kingkin Suroso, Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. H. Garuda Wiko, SH., M.Si., Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM., MT, perwakilan STIE Widya Dharma serta Executive Deputy ESR ASTRA Diah Suran Febrianti.

author