Hari Pertama Kembali Diberlakukan Ganjil Genap Jakarta, Mayoritas Pengendara Tertib

NTMC POLRI – Hari pertama pemberlakuan kembali aturan ganjil genap di wilayah DKI Jakarta, hanya ditemukan beberapa pelanggar ganjil genap.

“Iya masih ditemukan beberapa pelanggaran ganjil genap pagi ini,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, Senin (3/8/2020).

Terdapat 25 titik wilayah yang masuk ganjil-genap yang dijaga oleh kurang lebih 127 personel kepolisian. Fahri menilai mayoritas masyarakat pagi ini tertib aturan ganjil genap.

“Mayoritas pengendara pagi ini tertib,” jelas Fahri.

Fahri memastikan para pelanggar belum dikenakan sanksi tilang pada hari ini. Dia menyebut para pelanggar masih diberikan imbauan dan sosialisasi terkait penerapan ganjil genap.

“Belum dikenakan sanksi tilang hari ini, diberikan teguran lisan dan sosialisasi saja,” ujarnya.

Sebelumnya, kebijakan ganjil-genap untuk mobil pribadi di Jakarta berlaku mulai besok (Senin 3 Agustus). Sosialisasi berlangsung pada 3-5 Agustus 2020 dan tilang baru berlaku mulai 6 Agustus 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya hanya akan memberlakukan teguran lisan di 3 hari pertama. Namun, polisi masih tetap memberhentikan mereka yang melanggar.

“Untuk melaksanakan penindakan pelanggaran tersebut, maka kami sampaikan bahwa selama 3 hari ini kami akan melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu, artinya Senin, Selasa, Rabu, kita belum akan melakukan penindakan dengan tilang, baik secara manual maupun secara e-TLE,” kata Sambodo kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2020).

author