Hindari Camera ETLE, Pemotor Tutup Pelat Nomor, Polisi Buru dengan Identifikasi Wajah

NTMC POLRI – Aksi unik dilakukan seorang pengendara motor yang berusaha menghindari penegakan hukum lalu lintas lewat camera tilang elektronik (ETLE), Jakarta Selatan.

Pemotor yang membonceng penumpang itu menerobos jalur transjakarta. Mengetahui perbuatannya salah dan ada camera ETLE, pengendara tersebut langsung menutup pelat nomor polisi depan menggunakan tangan agar tak terlihat di kamera.

Kepala Subdirektorat Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pemotor itu tertangkap kamera ETLE karena menerobos jalur Transjakarta koridor 6, pada Kamis (6/2) pagi.

“(Menerobos) di koridor Transjakarta (halte) Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ke arah Kuningan,” kata Fahri.

Fahri menuturkan meski pemotor itu berusaha menutupi pelat nomor kendaraan, pihaknya akan berupaya untuk mencari identitasnya. Caranya, kata Fahri, dengan teknik identifikasi wajah.

“Kita akan lakukan identifikasi melalui pencocokan di kamera lainnya dan ciri wajah yang bersangkutan akan kita profiling melalui database kependudukan,” tuturnya.

Sistem tilang elektronik mulai diterapkan untuk sepeda motor sejak 1 Februari lalu. Penindakan untuk pemotor yang melanggar pun telah dilakukan sejak 3 Februari.

Ditlantas Polda Metro Jaya memasang 12 kamera ETLE yang di Jalan Sudirman-Thamrin dan jalur Transjakarta koridor 6 yang berada di lintas. Kamera-kamera itu merekam pelanggaran pemotor.

Ada sejumlah pelanggaran yang bakal terekam lewat kamera ETLE. Di antaranya, penggunaan helm, pelanggaran rambu, pelanggaran marka jalan, hingga penggunaan ponsel saat berkendara.

author