Ini Harapan Cak Tejo dari Satlantas Polrestabes Surabaya

NTMC POLRI – Satlantas Polrestabes Surabaya meluncurkan Program Cakap Tertib Berlalu lintas Jogo Suroboyo yang disingkat Cak Tejo. Program tersebut merupakan kampanye tertib berlalu lintas dengan sasaran anak-anak muda.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan turut menghadiri acara yang digelar diĀ  CFD Taman Bungkul dengan dihadiri ratusan warga. Turut hadir Kapolrestabes Kombes Sandi Nugroho dan Satlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra.

“Program Cak Tejo ini adalah program kampanye tertib berlalu lintas untuk mengajak semua komponen masyarakat. Baik itu pelajar, pekerja, pegawai, TNI dan pemerintah untuk bisa tertib berlalu lintas,” kata Sandi di Taman Bungkul, Minggu (26/1/2020).

Sandi menjelaskan, sejak diluncurkan Program ETLE atau e-tilang di Surabaya tercatat ada seribuan pelanggaran lalu lintas yang ter-capture kamera ETLE. “Setelah diverifikasi, ada sekitar 200 sampai 300 pelanggar yang melanggar lalu lintas. Baik itu melanggar traffic light, markah jalan maupun pelanggaran lainnya,” terang Sandi.

Dengan diluncurkannya Program Cak Tejo, Sandi berharap angka kecelakaan bisa ditekan. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat agar menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas.

Sementara Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra juga menyampaikan, sasaran kampanye ini ialah generasi milenial. Gen Y diajak bijak menggunakan ponsel dan bermedia sosial. Maka dari itu, pihaknya juga menggelar lomba ngevlog untuk anak-anak muda.

“Maka pokok sasaran sosialisasi tersampaikan dan anak juga akan mengerti bahwa ponsel pintarnya bisa digunakan untuk ngevlog dan juga menghasilkan,” ujar Teddy.

Peluncuran Program Cak Tejo juga dikemas dengan olahraga bersama. Selain lomba video vlog yang menjadi perhatian anak muda.

author