Ini Jalur Alternatif Rencana Perluasan Ganjil-Genap Jakarta

NTMC POLRI – Menjelang Asian Games, kawasan ganjil-genap rencananya akan diperluas hingga di 4 titik. Polda Metro Jaya telah menyiapkan jalur alternatifnya.

“Untuk rekayasa jalur alternatif sudah kami siapkan,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Selasa (22/5/2018).

Adapun, jalur alternatif tersebut yakni:
1. Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Suprapto-Jalan Salemba Raya-Jalan Matraman dan seterusnya.
2. Jalan Pasar Minggu-Jalan Soepomo-Jalan Saharjo-Jalan Casablanca-Jalan KH Mas Mansyur- dan seterusnya.
3. Jalan RE Martadinata-Jalan Danau Sunter Barat-Jalan HBR Motik-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya.
4. Jalan Kwitang-Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.
5. Jalan RA Kartini-Jalan Ciputat Raya
6. Jalan Akses Tol Cikampek-Jalan Sutoyo-Jalan Dewi Sartika (arah utara) atau Jalan Akses Tol Cikampek-Jalan Sutoyo-Jalan Dewi Sartika-Jalan Raya Kalibata-Jalan Pasar Minggu-Jalan Soepomo-Jalan Casablanca dan seterusnya (arah barat).

Lokasi ganjil-genap yang selama ini sudah berjalan sejak tanggal 30 Agustus 2016 (di Jalan Sudirman-Thamrin dan sebagian Jalan Gatot Subroto). Rencananya, ganjil-genap akan diperluas di 4 titik.

Para stakeholder terkait akan merapatkan rencana perluasan ini pada minggu kesatu dan kedua Juni 2018. Selanjutnya akan dilaksanakan sosialisasi pada minggu ketiga dan keempat Juni 2018.

Uji coba dilaksanakan pada minggu pertama dan kedua Juli 2018 dan akan dievaluasi selama satu minggu di minggu ketiga bulan Juli 2018. Kebijakan itu rencananya diterapkan pada minggu keempat Juli 2018.

Adapun, rencana perluasan lokasi ganjil-genap adalah sebagai berikut:

1. Jalan S Parman-Jalan Gatot Subroto-Jalan MT Haryono-Jalan DI Panjaitan-Jalan Ahmad Yani-Simpang Coca Cola/Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih.

2. Arteri Pondok Indah mulai Simpang Kartini sampai dengan Simpang Kebayoran Baru.

3. Jalan Rasuna Said, Jaksel.

4. Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakpus.

author