Jadi Irup HUT Bhayangakara, Jokowi Harap Polri Tingkatkan Profesionalisme

NTMC POLRI – Kepolisian Republik Indonesia menggelar puncak perayaan HUT Bahayangkara ke-73 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019). Turut hadir Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) sebagai Inspektur Upacara.

Komandan Pasukan Pelopor Brigjen Pol Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum., bertugas sebagai Komandan Upacara. Dan diikuti oleh pasukan yang terdiri dari 4 resimen (2.764 personil).

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Seiring bertambahnya usia Polri, diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, serta profesionalisme. Ia juga mengapresiasi Polri atas kerja kerasnya selama ini untuk menjaga Indonesia tetap aman.

“Banyak zona integritas yang telah dibangun oleh Polri. Saya perlu menegaskan teroris dan radikal masih jadi penyebab utama gangguan keamaan di Indonesia. Selain itu, ujaran kebencian juga masih menjadi salah satu ancaman bagi kesataun bangsa. Lainnya yaitu kasus Narkotika dan juga masalah korupsi yang harus diberantas habis. Semua itu harus ditangani Polri dengan bersinergi dengan lembaga yang lain,” ujar Jokowi.

Orang nomer satu di Indonesia ini juga berpesan agar Polri semakin mengedepankan strategi pro aktif, meningkatkan pelayanan Polri terhadap masyarakat, meningkat profesionalisme yang transparan dalam bidang penegakan hukum, serta memperkuat kerjasama dengan Kementerian Lembaga dan Pemerintahan Daerah dalam menjaga keamanan masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan Dirgahayu Polri, Teruslah menjadi Abdi Utama bagi Nusa dan Bangsa,” ujar Jokowi.

Turut hadir dalam upacara Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan sejumlah Pejabat Utama Mabes Polri, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri dan jajaran Korlantas Polri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Pemenang Calon Wakil Presiden 2019 Ma’ruf Amin, dan sejumlah pejabat penting lainnya.

author