Jajaran Polres Jombang Besuk dan Semangati Gadis Lumpuh Penderita Penyakit ALS

NTMC POLRI – Jajaran Polres Jombang membesuk Dwi Ayu Prasetya (28), warga Dusun Bandung Krajan, Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Jombang yang mengalami kelumpuhan selama 8 tahun terkahir karena penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Ayu menderita lumpuh sama dengan ibunya, Siti Rodiah (52). Bahkan Siti sudah lumpuh selama 19 tahun. Ibu tiga anak itu akhirnya meninggal dunia pada Selasa (22/9).

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho memberikan langsung dukungan dan semangat kepada anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Kustomo (59) dan almarhum Siti Rodiyah tersebut.

Senyum bahagia pun terpancar dari wajah Ayu yang hanya bisa berbaring di tempat tidurnya. Agung juga memberikan bantuan kepada Kustomo untuk biaya perawatan Ayu.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga sekitar. Semoga keluarga ini segera diberikan kesembuhan agar bisa beraktivitas normal seperti warga lainnya,” kata AKBP Agung Setyo Nugroho, Rabu (23/9/2020).

Penyakit ALS membuat Ayu dan ibunya kesulitan berbicara. Mereka hanya bisa menelan makanan lembut yang disuapkan, serta buang air besar dan kecil. Namun untuk ke kamar mandi, ibu dan anak itu harus digendong.

Sejak 7 bulan yang lalu, Kustomo tidak tega meninggalkan istri dan putrinya bekerja. Dia memilih berhenti mencari nafkah dengan menjadi tukang sol sepatu di pasar. Karena Siti dan Ayu setiap saat membutuhkan perhatiannya untuk makan maupun ke kamar mandi.

Kustomo mengaku sudah berupaya mengobatkan Siti dan Ayu. Namun, pengobatan medis maupun alternatif tidak membuahkan hasil. Kelumpuhan yang mereka derita kian parah.

author