Jalur Lembang, Arus Balik Wisata Diprediksi Hari Ini

81 views

NTMCPOLRI – Arus balik kendaraan wisatawan yang datang ke wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, diprediksi terjadi pada Sabtu (31/10) siang hingga sore hari. Sebanyak 130 personel kepolisian disiagakan terutama di titik rawan kepadatan lalu lintas sebab volume kendaraan yang diprediksi meningkat.

“Prediksi (puncak arus balik) kemungkinan siang sampai sore. Kita sudah menyiagakan 130 personel,” kata Kanitlantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman melalui sambungan telepon.

Selain menempatkan personel, Asep menambahkan, Polisi juga menyiapkan rencana buka tutup jalan apabila mulai terjadi kepadatan. Rencananya, sistem buka tutup bakal dilakukan mulai dari objek wisata Farmhouse atau Simpang Beatrix. Buka tutup jalan dilakukan dengan memantau volume kendaraan yang datang dari Kota Bandung.

“Kami upaya buka tutup dari mulai wisata Farmhouse, (Grand) Asia Afrika sampai dengan Otto Iskandar Dinata kemudian juga di Simpang Beatrix dengan Simpang Grand Hotel secara bergantian, mana yang terpadat maka kami akan prioritaskan,” lanjut dia.

Sebagaimana diketahui, kawasan Lembang menjadi tujuan destinasi favorit bagi para wisatawan. Maraknya objek wisata yang bertebaran di sana seperti Gunung Tangkuban Parahu hingga Floating Market.

Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, hari libur nasional bulan Oktober 2020 jatuh pada 29 Oktober yakni Maulid Nabi Muhammad. Sementara libur cuti bersama adalah tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Tiga hari libur mulai Rabu hingga Jumat itu pun merangkai dengan akhir pekan.

author