Jalur Trawas-Pacet Tertimbun Longsor

113 views

NTMC POLRI – Tanah longsor menutup jalur Trawas-Pacet di Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Selain itu, akses warga menuju RS Sumberglagah juga terputus akibat timbunan longsor sepanjang 10 meter tersebut.

Warga setempat, Muhammad Sobirin (50) mengatakan, hujan deras mengguyur kawasan Trawas dan sekitarnya sejak sore hingga hampir tengah malam, Minggu (9/10). Akibatnya, tebing sepanjang sekitar 10 meter yang ditumbuhi tanaman bambu ambrol ke jalur Trawas-Pacet.

“Karena kejadiannya malam hari, tidak ada yang melintas dan Alhamdulillah tidak ada korban,” kata Sobirin kepada wartawan, Senin (10/10/2016).

Kepala Seksi Pelayanan PMI Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono menambahkan, saat ini jalur Trawas-Pacet itu tertutup material longsor sekitar 10 meter. Ketebalan material mencapai 50-80 cm.

“Semua kendaraan roda dua maupun roda empat tak bisa lewat. Kami menutup jalan dari arah RS Sumberglagah,” terangnya.

Jalur tersebut menjadi akses paling cepat untuk menuju Trawas, maupun sebaliknya dari Trawas menuju ke Pacet. Akibatnya, warga harus melalui jalur lain yang terhitung lebih jauh karena harus memutar.

Tak hanya itu, akses warga dari Trawas menuju ke RS Sumberglagah juga terputus. Sehingga warga Trawas harus melalui jalur lain yang juga memutar cukup jauh untuk ke rumah sakit tersebut.

Saat ini hanya sejumlah relawan dibantu warga setempat melakukan pembersihan material longsor dengan peralatan seadanya.

author