Jaringan Perdagangan Manusia Dengan Kedok Prostitusi Online Berhasil Dibongkar Polisi

NTMC POLRI –  Jaringan perdagangan manusia dengan modus prostitusi online di Kota Makassar, Sulawesi Selatan berhasil dibongkar Aparat Kepolisian Polda Sulsel. Tiga orang tersangka yang berprofesi sebagai mucikari turut diamankan polisi.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, polisi berhasil mengungkap kasus ini dengan menyamar sebagai calon pelanggan. Dari penangkapan tersebut tiga tersangka yang diamankan yakni BM (24), KH (24) dan IA (23), dan dua PSK berinisial WJ (29) dan IR (25) berikut uang tunai dan handphone kemudian diamankan di Mapolda Sulsel.

“Kami ungkap kasus ini seperti kasus narkoba, under cover. Mereka kita pancing dengan menyamar sebagai pelanggan dan akhirnya bisa ditangkap,” kata Dicky.

Pada hari Minggu (23/7/2017) malam, Polisi menyamar menjadi pria hidung belang yang berkomunikasi dengan pelaku muncikari melalui media sosial Whatsapp, dan menyepakati harga dan lokasi pertemuan.

“Petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku BM, ketika ia membawa dua perempuan PSK di salah satu kamar hotel di Jl Boulevard Makassar,” kata Dicky.

Polisi lalu mengembangkan kasus ini dan kembali menangkap dua muncikari lain yakni KH dan IA di hotel, Senin (24/7/2017) dini hari.

Dari penangkapan dua muncikari itu, polisi juga mengamankan tiga PSK lain yakni RL (22), PS (27) dan FY (23) berikut barang bukti uang tunai, telepon genggam, dan alat kontrasepsi.

Atas perbuatan para pelaku,mereka dijerat tindak pidana perdagangan orang sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat 1 dan 2 serta Pasal 12 UURI no 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

author