Jelang Pengamanan Nataru, Ditlantas Polda Jabar Cek Kesiapan

NTMC POLRI – Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat melakukan pengecekan sejumlah sarana dan prasarana menjelang pengamanan libur natal dan tahun baru (nataru). Pengecekan dilakukan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (11/12/2019).

Eddy lantas mengecek satu per satu kendaraan patroli yang akan digunakan untuk pengamanan nataru dalam operasi bersandi ‘Operasi Lilin Lodaya’ itu. Mesin, ban hingga lampu rotator dicek kelaikannya.

Selain mobil patroli, Eddy juga mengecek sepeda motor yang biasa digunakan untuk patwal. Mesin hingga rotator dicek untuk memastikan kondisi kelaikan kendaraan.

“Tadi kita telah sama-sama melihat dan menyaksikan kesiapan perlengkapan perorangan maupun kelengkapan dan kesiapan kendaraan dinas dalam rangka Operasi Lilin Lodaya. Tadi sudah kita lihat hampir semua bagus,” kata Eddy usai pemeriksaan.

Meski begitu, Eddy tak memungkiri masih ada sarana dan prasarana yang masih perlu perbaikan. Menurut dia, masih ada waktu untuk anggota memperbaiki sebelum disebar ke sejumlah daerah.

“Namun ada beberapa yang perlu mendapat perhatian dari Ditlantas untuk segera diperbaiki. mudah-mudahan masih ada waktu. Mudah-mudahan kita nanti saat pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya sudah siap untuk operasional,” kata Eddy.

Eddy menambahkan, dalam pengamanan nataru, Polda Jabar menerjunkan 507 Polantas. Mereka akan membantu daerah-daerah di Jabar dalam mengatur arus lalu lintas.

“Untuk pelaksanaan Operasi Lilin 2019, kami ingin memastikan bagaimana perjalanan arus orang maupun barang berjalan dengan aman lancar, terus bagaimana kita meminimalisir kecelakaan di jalan tol dan jalan menuju jalan wisata,” katanya.

author