Jelang Pilkada Gubernur DKI, Polres Metro Bekasi Gelar Apel Pasukan

NTMC POLRI – Polresta Metro Bekasi melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Putu Putera Sadana, Jumat (17/3/2017).

“Upacara kali ini, mari kita bersama merefleksikan kembali komitmen Polri untuk memantapkan keamanan dalam negeri yang promoter serta merupakan bagian tugas utama polri dalam harkamtibmas, melindungi mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakkan hukum. Terlebih lagi di tahun 2017 ini yang di dominasi dengan kegiatan pilkada serentak.

Pada pelaksanaan pilkada serentak 2017 segenap anggota Polri dan PNS Polres Metro Bekasi harus mencerminkan sikap yang netral dan terbebas dari semua afiliasi politik manapun. Selain itu senantiasa dapat lebih memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman dengan penuh kesungguhan, keteguhan, keikhlasan serta pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” kata AKBP Putu dalam sambutannya.

Ke depannya lanjut AKBP Putu pelaksanaan tugas di wilayah hukum Polda Metro Jaya semakin dinamis, Wilayah DKI Jakarta akan menyelenggarakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur putaran kedua, tentunya ini akan menjadi potensi ketidak stabilan suhu politik, yang juga akan berimplikasi pada timbulnya kerawanan-kerawanan dan konflik sosial yang dapat mengganggu situasi dan kondisi kamtimbmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Untuk itu mari kita harus satukan persepsi, bersama-sama mengawal pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2017 dengan maksimal, aman, lancar dan damai. Tingkatkan sinergitas dengan seluruh komponen, instansi dan elemen masyarakat yang terkait sebagai cerminan langkah kerjasama aktif demi terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, tegaknya hukum,” ujar AKBP Putu.

Beberapa permasalahan yang terjadi selama pilkada putaran pertama, seperti penolakan kampanye salah satu paslon oleh sekelompok warga, pemasangan spanduk yang provokatif serta isue-isue sara tidak terjadi lagi. Oleh karena itu peran seluruh anggota, khususnya bhabinkamtibmas sangat penting dalam melakukan deteksi dini serta upaya pencegahan di tengah- tengah masyarakat.

“Mari kita tanamkan sikap peka dan antisipatif dalam mencermati perkembangan situasi kamtibmas menjelang pilkada putaran kedua. Tingkatkan deteksi dini dan peringatan dini, jabarkan serta implementasikan program prioritas promoter kapolri, perluas pelaksanaan program quick wins, tingkatkan standarisasi dan kualitas pelayanan publik sebagai bagian dari upaya memperkokoh kepercayaan “trust building” dari masyarakat kepada organisasi polri,”tandas AKBP Putu.

Upacara diikuti 500 personil yang terdiri dari masing-masing Bag, Sat, Sie, dan PNS Polres Metro Bekasi.

author