Jenderal Bintang 2 dan 3 Berpeluang Jadi Kabareskrim

62 views

NTMC POLRI – Kapolri Jenderal Idham Azis akan segera menunjuk Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) dari perwira tinggi Polri dalam waktu dekat ini.

Jabatan Kepala Bareskrim saat ini setelah Idham Azis resmi ditunjuk sebagai Kapolri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Penunjukan jabatan jenderal bintang tiga itupun merupakan hak prerogatif Kapolri dan melewati proses Wanjakti.

“Insya Allah (pekan ini), itu kan hak preogratif beliau, tapi ada mekanismenya, harus ada wanjakti yang dipimpin Kapolri dan staff,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Selasa (5/11/2019).

Meskipun akan menentukan Kabareskrim dalam waktu dekat, Polri belum bisa mengungkap nama-nama yang masuk ke dalam bursa jabatan tersebut.

“(Untuk nama-nama) tidak bisa dong,” ujar Iqbal.

Namun yang pasti, kata Iqbal, seluruh pejabat tinggi Polri aktif baik bintang tiga atau dua saat ini memiliki peluang yang sama untuk bisa menjabat Kabareskrim.

Iqbal menambahkan, yang menjadi landasan Kapolri dalam menunjuk Kabareskrim, adalah sosok yang memiliki pengalaman, prestasi dan berintegritas.

“Yang jelas semua perwira tinggi pangkat 2-3 berpeluang, Kapolri akan tunjuk pati yang berinterigrtas, mempunyai track record rekam jejak yang baik. Karena jabatan Kabareskrim adalah jabatan yang penting di Kepolisian,” tandasnya.

author