Kabareskrim Tegaskan Anggota Penyidik Reserse Rubah Mindset

NTMC – Dihadapan ratusan penyidik yang tengah mengikuti pelatihan penyidikan dan sistem laporan tindak pidana pemilu 2017 di Kantor Bareskrim yang berlokasi di Kemenetrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2016).

Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengharapkan serta menegaskan kepada seluruh penyidik reserse untuk menerapkan pola hidup sederhana.

Hal tersebut ditegaskan bahwa pesan tersebut merupakan pesan dari Kapolri Jend. Pol. Tito Karnavian bahwa petugas tidak melakukan perbuatan pungutan liar.

“Kita harus merubah mindset kita, hati kita. Yang pertama pola hidup sederhana,” himbaunya.

Setelah satgas khusus Polri gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim melakukan operasi tangkap tangan terhadap kasus pungli di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian (Kemenhub) Selasa 11 Oktober lalu, mulai dari pagi semua mengarah kepada polisi yang selalu pungli tapi nangkap orang,” paparnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada semua penyidik reserse jadilah polisi yang humanis. Jangan menekan masyarakat apalagi memeras untuk kepentingan apapun. Jangan ada alasan untuk kepentingan dinas tidak ada DIPA lalu kita menekan orang. Jangan pernah melakukan hal tersebut, tegasnya.

“Saya tidak ingin jajaran reserse melakukan perbuatan salah dan ketangkap. Siapapun yang ketahuan, maka tidak akan ada ampun. Jadi saya ingatkan uang bukan segala-galanya dalam kehidupan ini,” tukasnya.

author