Kakorlantas Dukung Kebijakan Kemehub dalam Antisipasi Truk ODOL

NTMC POLRI – Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Refdi Andri M.Si., menghadiri kegiatan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Polri dengan Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), di Hotel Bidakara Jakarta, pada Selasa (12/11/2019).

Kegiatan dibawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini bertujuan untuk menjalin kerjasama guna melaksanakan pengamanan, pelayanan, penegakan hukum dan pertukaran informasi di jalan tol.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menuturkan, bahwa nota kesepahaman ini dilakukan dalam rangka antisipasi truk over dimension over load (Odol) atau kelebihan muatan pada jalan tol yang katagorinya jalan nasional di Indonesia.

“Melalui nota kesepahaman ini diharapkan nantinya secara bertahap semua kendaraan ODOL akan menyesuaikan dari over size maupun dari beban yang diangkut. Tapi mungkin salah satunya tidak over load tapi jumlah lebih besar,” jelas Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto.

Sementara Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Refdi Andri M.Si., mengungkapkan bahwa pihaknya, yakni Polantas akan turut mendukung dan menindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama demi terciptanya keamanan dan ketertiban lalu lintas.

“Kita akan lakukan diskusi dengan unsur penegakan hukum lainnya. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), kunci dari kesuksesan. Itu juga yang menjadi acuan kita. Patroli jalan raya yang dikenal menjadi PJR,” ungkap Kakorlantas Polri.

author