Kakorlantas Polri Resmikan Kampus Pelopor Keselamatan Berlalulintas

NTMCPOLRI – Memperingati hari Lalulintas Bhayangkara ke-64 serta Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs Refdi Andri M.Si melaunching Kampus Pelopor Keselamatan Berlalulintas (KaPeKa).

Turut hadir dalam acara Kapolda Kalbar Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, SH., MH., Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Laksda TNI (Purn) Kingkin Suroso, Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. H. Garuda Wiko, SH., M.Si., Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM., MT, perwakilan STIE Widya Dharma serta Executive Deputy ESR ASTRA Diah Suran Febrianti.

Dalam sambutannya Kakorlantas mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pihak Universitas Tanjungpura dan Astra yang telah menginisiasi IAABL dan KaPeKa.

“Yang kita lakukan hari ini punya arti penting untuk menyelamatkan anak bangsa kaum millenial. Korban meninggal karena lakalantas menduduki ranking ke 5 dunia dan peringkat ketiga di Indonesia.” tutur Kakorlantas di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/9/2019).

Kakorlantas juga mengucapkan terimakasih kepada Polda Kalbar yang telah menyelenggarakan kegiatan akbar Millenial Road Safety Festival beberapa bulan yang lalu. Menurut analisa dan evaluasi sangat berperan mewujudkan Kamseltibcarlantas.

“Saya kira KaPeKa sangat tepat untuk diberikan kepada mahasiswa karena warna-warna yang diharapkan bisa disampaikan kepada yang lain. Mudah-mudahan ada deklarasi yang akan disampaikan dari mahasiswa sebagai bukti kesadaran menciptakan Kamseltibcarlantas.” terang Kakorlantas.

Usai launching KaPeKa, perwakilan mahasiswa Universitas Tanjungpura dan Widya Dharma membacakan deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalulintas yang berisi:

Kami mahasiswa Universitas se-Kalimantan Barat:

1. Siap merajut persatuan dan kesatuan bangsa dalam Kebhinekaan demi kebutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Mendukung sepenuhnya program Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas.
3. Menolak segala tindakan yang dapat menimbulkan kekerasan, kerusuhan dan perpecahan.
4. Siap menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

author