Kakorlantas Tandatangani Kesepahaman Pelayanan Pengamanan dan Penegakan Hukum di Tol

NTMCPOLRI – Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Refdi Andri menandatangani nota kesepahaman terkait Pelaksanaan Pelayanan Bersama, Pengamanan dan Penegakan Hukum pada Jalan Tol di Seluruh Indonesia bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Turut hadir dalam penandatanganan Dirjen Hubdat Kemenhub Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si., Dirjen Binamarga Sugiyartanto, Kepala BPJT Prof. Dr. Ir. Danang Parikesit, Direktur Operasional Jasamarga Subakti Syukur dan Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Kris Ade Sudiono.

Kakorlantas menyambut baik penandatanganan kesepahaman ini karena wujud dari penajaman dan penyempurnaan kesepakatan-kesepakatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Dari kesepahaman ini, jangan sampai siapapun yang bergerak di jalan tol merasa tidak nyaman atau ketakutan. Ini langkah atau aksi nyata dari kita sebagai stakeholder.” tutur Kakorlantas.

Kakorlantas mengatakan ada beberapa ruang lingkup dari poin-poin kesepakatan ini diantaranya pertukaran data dan informasi, bagaimana data tersebut bisa berfungsi.

“Selanjutnya pelayanan penegakan hukum yang profesional dan proporsional. Harapannya ada suatu keseimbangan dengan penegak hukum lainnya. Serta peningkatan kapasitas SDM, ini sebagai kunci. Bapak presiden juga menyampaikan berkali-kali tentang SDM.” terang Kakorlantas.

Terkait Sarana dan prasarana yang ada pada ruas tol, Kakorlantas berharap melalui kesepakatan ini dapat lebih optimal dalam memanfaatkan pelayanan yang ada khususnya bagi pengguna jalan tol.

“Mudah-mudahan kesepakatan ini ada dampak positif. Bukan hanya penegak hukum dan penyelenggara yang betul-betul memanfaatkannya.” tutup Kakorlantas.

author