Kakorlantas: Target Akhir Tahun Teknologi IT For Road Safety Sempurna Siap Diaplikasikan

NTMC POLRI – Tingkatkan pelayanan prima pada masyarakat dalam bidang lalu lintas, Korlantas Polri menggelar IT Road Safety Expo 2020 bertempat di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta, 24-26 November 2020.

Dalam kesempatannya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono, M.H,. didampingi Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, melihat langsung sistem aplikasi dan teknologi yang dipamerkan.

“Aplikasi-aplikasi dan data kita yang kita sampaikan tadi rata-rata sudah 90 persen jadi semua dan tinggal mengaplikasikan saja,” ujar Kakorlantas saat ditemui di Aula Djajoesman Korlantas, Jakarta, Selasa(24/11).

Kakorlantas Polri menyebutkan, untuk hal-hal program dalam sistem tinggal proses peningkatan dan penyempurnaan. Ditargetkan akhir tahun ini selesai semua.

“Cita-cita besar mengkoneksikan data dengan institusi terkait. Ujungnya kita mendapatkan informasi secara komprehensif dilapangan, juga untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dilapangan, juga ujungnya untuk melayani masyarakat bahkan memudahkan pelayanan masyarakat tentang masalah lalu lintas,” ujar Kakorlantas.

Sementara itu di itempat yang sama, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda menambahkan, sistem-sistem ini nantinya tentu bisa memberikan suatu bagian untuk melayani kepada masyarakat, baik pelayanan keamanan, keselamatan, pelayanan informasi dan pelayanan kemanusiaan.

“Jadi semua sistem nantinya berupa sistem inputing data untuk menganalisa dan juga menghasilkan produk yang berupa algoritma yang merupakan prediksi, antisipasi, dan solusi dan bisa diakses on time, real time, any time.” ucap Dirkamsel.

Lanjutnya, Dirkamsel membeberkan teknologi beragam dipamerkan berupa teknologi back office atau teknologi aplikasi yang berbasis artificial intelegen dan networking juga berbasis kepada IOT internet of think.

Dalam kegiatan, Kakorlantas Polri juga meresmikan soft launching “RasiRosa Korlantas” (literasi road safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award yang diberikan kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

Pameran dan seminar Expo IT Road Safety 2020 yang bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, dilakukan dengan penerapan protokol Covid-19 ketat, serta terhubung virtual melalui link zoom dan streaming melalui kanal YouTube.

author
No Response

Comments are closed.