Kakorlantas Turut Hijaukan Sejumlah Ruas Tol

51 views

NTMC POLRI – Menindak lanjuti terkait program Polri peduli penghijauan dan khususnya program pemerintah, yaitu Indonesia bersih, Korlantas Polri menggandeng Direktur Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Felicia Yanti, dan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Novrizal Tahar, serta Ibu Ketua Bhayangkari Cabang BS Korlantas Polri Ny. Sintha Istiono, melakukan pencanangan program peduli lingkungan bersih, di lantai 4 NTMC Polri, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Selain menaruh perhatian terhadap masalah sampah dan peduli lingkungan bersih, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, juga mendukung penuh melakukan penghijauan di sejumlah ruas tol.

“Bencana banjir bisa disebabkan karena sampah, banjir juga disebabkan karena lingkungannya kurang tanaman.” kata Kakorlantas.

Kakorlantas mengakui tergugah dikarenakan melihat kondisi sejumlah ruas tol terlihat jarang ada pohon besar. “kita tergugah karena diruas jalan tol ini terlihat jarang adanya pohon besar,” jelasnya.

“Dengan adanya tol baru ini harusnya dipinggir itu harus ditanami pohon besar untuk mencegah terjadi kerusakan jalan tol.” ungkapnya.

Kakorlantas menjelaskan faktor alasannya menanamkan pohon besar di pinggir ruas jalan tol guna menguatkan pinggiran ruas jalan tol dikarenakan kontur tanah sebagian ruas tol ada yang masih labil. jadi harus dikuatkan pinggirnya.

“Saya akan lakukan penanaman sebanyak 2.000 jenis pohon keras yang mampu menyerap air dan menguatkan akar itu sendiri dilingkungan jalan tol. Kita pilih mungkin di salah satu ruas tol Cipali.” ungkapnya.

“Seluruh jajaran di Indonesia telah melakukan itu dan kita juga akan melakukan itu. Dan tentunya masalah utama selain penguatan penanaman itu juga kita dukung dengan program lingkungan bersih yaitu masalah sampah khususnya.” tukasnya.

author