Kapolda Sulut Ingatkan Seluruh Paslon Pilkada Untuk Patuhi Protokol Covid-19

NTMCPOLRI – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol RZ Panca Putra meminta kepada seluruh pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah, untuk taati protokol corona dalam setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dirinya juga meminta kepada penyelenggara pemilu untuk menaatinya.

Kapolda mengatakan, penyelenggara maupun seluruh peserta Pilkada dan masyarakat harus mematuhi Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2020 yang merupakan perubahan atas Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada dalam kondisi bencana non alam Coronavirus Disease (COVID-19).

“Kita minta kepada semua pihak agar mematuhi Peraturan KPU nomor 10 tahun 2020, untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masa Pilkada serentak ini,” ujar Kapolda.

Kapolda mengatakan, sudah ada pengalaman saat pendaftaran pasangan calon lalu, dimana masih terdapat banyak pelanggaran terutama terkait upaya pencegahan COVID-19. Rata-rata pasangan calon membawa massa yang sangat banyak sehingga terjadi kerumunan.

Padahal menurutnya, dalam Peraturan KPU sudah diatur bagaimana teknis pelaksanaan pilkada dengan tetap memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, tapi ternyata masih banyak juga yang tidak patuh.

“Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh pasangan calon agar patuh dan tidak mengumpulkan massa secara berlebihan. Begitu juga penyelenggara Pemilu untuk menegur, karena sudah ada aturan yang berlaku,” pungkasnya.

author