Kapolres Lumajang Rayakan Maulid Nabi di Tengah Masyarakat

NTMC POLRI – Indonesia adalah negara besar dengan jumlah populasi penduduknya didominasi oleh umat Islam. Hal ini membuat setiap momen yang berbau agama Islam selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia, termasuk Maulid Nabi yang jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah.

Sebagai wujud toleransi, pemerintah Indonesia memberikan hari Libur nasional pada hari tersebut. Perayaan Maulid Nabi sendiri merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhamad Arsal Sahban SH SIK MH MM turut menghadiri perayaan Maulid Nabi yg dilaksanakn di Masjid As- Syuhada, Jl. Veteran, Lumajang, Selasa (20/11/2018).

 

“Maulid nabi adalah perayaan bagi umat Islam, dimana sosok junjungan kita nabi besar Muhammad SAW terlahir untuk membimbing umat manusia menuju jalan yang benar. Seperti yang di sabdakan Rosululloh SAW, barang siapa yang memperingati kelahiran beliau maka sama seperti mendermakan satu gunung emas dijalan Allah.” Ujar Arsal, saat mengisi ceramah.

Arsal berharap, dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini dapat mencontoh perilaku beliau dalam kehidupan sehari hari. Memang sebagai manusia biasa tidak akan mampu menyamai seratus persen. Tetapi setidaknya telah berusaha untuk meneladani sikap Rosullulah.

Lebih lanjut, beliau juga berpesan kepada seluruh umat Islam agar tidak gampang terpancing isu SARA yang bisa memecah belah persatuan Indonesia. Apalagi seperti yang kita ketahui, isu agama akhir akhir ini kerap tersaji di kehidupan masyarakat luas seiring semakin dekatnya pemilu di Indonesia. Banyak kalangan serta kelompok mengangkat isu isu SARA untuk membuat opini yang menyudutkan lawan politiknya.

author