Kapolres Serang dan Kasatbinmas Kembangkan Budidaya Hydroponik

NTMC POLRI – Disela-sela aktifitas melayani masyarakat, Kapolres Serang AKBP Mariyono ternyata masih dapat meluangkan waktu dengan mengembangkan budidaya tanaman sayuran serta lele dumbo dengan sistem menanam memanfaatkan air tanpa lahan tanah (hydroponik) sebagai program ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19.

Dalam program budidaya ini, AKBP Mariyono juga mengajak beberapa anggotanya dari Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas). Kegiatan budi daya ini dilakukan di sekitaran rumah dinas pejabat utama Polres Serang.

“Kegiatan budi daya tanaman hydroponic serta lele dumbo ini merupakan bagian program pembinaan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19,” ungkap AKBP Mariyono didampingi Kasatbinmas, AKP Yeni Rohaeni, Selasa (9/6/2020).

AKBP Mariyono mengatakan untuk sementara di kebun hydroponik baru dikembangkan jenis tanaman kangkung. Untuk ke depannya, kata Mariyono, kebun hydroponik itu akan dikembangkan ke jenis tanaman lain seperti cabe, tomat, bayam dan beberapa yang lain yang mungkin untuk ditanam secara hydroponik.

“Aktifitas ini masih sebatas pada kalangan internal Polres Serang dengan tujuan mampu menciptakan kemandirian pangan. Kalau berhasil ini akan kita kembangkan terus. Jika kita sudah memiliki SDM yang kuat, tak menutup kemungkinan kami akan berbagi pengalaman dengan masyarakat sekitar agar dapat bertani meski di lahan yang sempit,” kata AKBP Mariyono.

Kapolres juga berharap kepada seluruh anggotanya untuk dapat melakukan budidaya hidroponik dengan memanfaatkan lahan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Dengan kegiatan budidaya metode hidroponik ini, saya berharap seluruh personil dapat termotivasi untuk mengembangkannya. Selain lingkungan menjadi lebih asri, juga dapat membantu ekonomi keluarga,” kata AKBP Mariyono pula.

author