Kapolri Anugerahi Pin Emas Tiga Anggota Pelopor Inovasi RM PAPEDA

NTMC POLRI – Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan Pin Emas kepada tiga anggotanya yang dinilai berhasil melakukan inovasi di bidang pelayanan publik yakni Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai atau yang disingkat RM Papeda. Pemberian Pin Emas Kapolri diwakili oleh Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki.

Pin emas Kapolri tersebut diberikan saat Apel Hari Pahlawan di Mapolda Papua. Kendati diguyur hujan deras, upacara tetap berlangsung.

“Ketiganya dinilai berhasil dalam inovasi pelayanan publik yang sudah mendapat penghargaan Top 99 dan Top 40 se-Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2018,” kata Brigjen Yakobus Marjuki, Senin (11/11/2019).

Penghargaan diberikan kepada Kapolres Kabupaten Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, mantan Kapolsek Nimbokrang Iptu Bimo dan mantan Kapolsek Nimboran Ipda Andi.

Yakobus berharap RM Papeda mampu meningkatkan sinergitas antara pemangku kebijakan di pemerintahan dengan warga Papua dalam hal pelayanan. Ke depan, Polres Jayapura Kota dan Keerom akan mencontoh inovasi ini.

“Kiranya dengan inovasi RM Papeda dapat meningkatkan komunikasi dengan stakeholder pemerintah dengam masyarakat dalam melayani publik. Dan Program ini dapat kedepannya direplikasi oleh Polres Jayapura Kota dan Keerom dikarenakan mempunyai situasi geografis yang sama dengan Kabupaten Jayapura,” ucap Yakobus.

Yakobus menerangkan program RM Papeda terbukti bermanfaat karena dengan cepat merespon permasalahan yang timbul di lingkungan masyarakat. “Program ini bisa dirasakan oleh masyarakat dengan bentuk respon cepat dalam menyelesaikan permasalahan sosial masyarakat,” sambung Yakobus.

Dia berharap inovasi ini juga dapat memberi kontribusi bagi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Papua tahun depan.

“Khususnya mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua tahun 2020 di Kabupaten Jayapura, sebagai supporting komunikasi cepat dan hemat,” tutur Yakobus.

author