Karhutla Kawasan Gunung Panderman dan Butak Meluas Hingga 4 Hektare

NTMCPOLRI – Kebakaran hutan di kawasan Gunung Panderman dan Gunung Butak, Kota Batu, Jawa Timur semakin meluas. Kebakaran yang terjadi sejak pukul 00.15 WIB, Sabtu 18 Agustus 2018 itu terpantau melanda empat titik dengan luas kurang lebih 4 hektar.

Tim gabungan dari BPBD Kota Batu, LMDH, Perhutani, Babinkamtibmas, Babinsa, dan warga menangani kebakaran di kawasan tersebut.

Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu Khoirul Rohim mengatakan ada sekitar 200 pendaki berada di kawasan puncak Gunung Butak dan Gunung Panderman saat kebakaran terjadi.

Selain itu, jalur pendakian menuju ke Gunung Panderman dan Gunung Butak untuk sementara ditutup hingga situasi aman. Para pendaki yang hendak naik ke gunung pun ditahan di pos awal.

Petugas gabungan belum menemukan penyebab kebakaran. Hingga saat ini, petugas masih fokus memadamkan api menggunakan peralatan seadanya.

“Kami menggunakan peralatan manual seperti cangkul, sabit, dan gepyok. Untuk, Informasi perkembangan lebih lanjut akan kami informasikan menyusul,” pungkasnya.

Tags:
author