Kasatlantas Polrestabes Medan: Ini Kronologis Kecelakaan Truk Maut Yang Tewaskan 3 Orang

NTMC POLRI – Aparat kepolisian masih melakukan analisis sopir kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Gagak Hitam Ringroad tepat di Simpang Lampu Merah Jalan Amal, Sunggal, Medan, Minggu pagi, 28 Mei 2017. Kecelakaan itu menewaskan tiga orang dan enam orang luka-luka.

Analisis tersebut dilakukan personel kepolisian dari Satuan Lalulintas Polrestabes Medan untuk melakukan penyidikan, apakah ada faktor lain selain rem blong, ataukah ada faktor kelalaian yang dilakukan sopir truk bernama Syaiful Fadli (41 tahun).

Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Indra Warman mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap sopir truk. Hingga kini belasan saksi juga sudah dimintai keterangan, termasuk para korban selamat.

“Kami masih menganalisis penyebab sebenarnya kecelakaan tersebut,” ujar Indra kepada wartawan di Medan, Minggu, 28 Mei 2017.

Begitu juga pihak kepolisian, sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi. Namun, Indra mengatakan tidak melakukan pemeriksaan urine sopir yang merupakan warga Langsa, Aceh. “Belum tahu akan dites urine atau tidak. Kalau memang karena remnya blong, ngapain kita tes urine,” katanya.

Dalam kasus kecelakaan maut ini, sembilan orang menjadi korban. Tiga di antaranya, korban tewas di lokasi kejadian. Ketiga orang korban yang tewas adalah Indrasubahan Purba (44), Arisa Salwa (13), dan Anas Majid (8). “Korban yang meninggal satu keluarga,” kata Indra.

Selain tiga korban tewas, truk rem blong ini juga melukai enam pengendara yang lainnya, yakni Muhammad Safikri (14), Aldon Sinambela (47), Afia Zahro Purba (11), Alexander (17), Dini Ananda (12), dan M Aqi (13).

Untuk korban yang selamat dari kecelakaan maut itu, Indra mengatakan tengah dirawat rumah sakit terdekat. “Korban luka dilarikan ke RSU Bina Kasih dan RSU Sari Mutiara. Tiga orang rawat jalan,” kata perwira melati dua itu.

Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap supir truk trailer, Syaiful Fadli, Indra menjelaskan, truk dengan nomor polisi BK 9279 BT menyeruduk sepeda motor yang tengah berhenti menunggu traffic light hijau. Truk tak dapat terkendali dan tak bisa dihentikan karena rem blong.

Dari video Area Traffic Control System (ATCS) Medan yang beredar, terlihat truk datang dari arah Jalan Asrama menuju ke arah Tanjung Sari. Karena tidak bisa berhenti, truk tersebut menyeruduk sejumlah kendaraan yang berhenti di traffic light Jalan Ring Road simpang Jalan Amal sekira pukul 06.00 WIB.

Truk pengangkut traktor itu sempat berbelok ke kiri dari lajur kanan lalu menyeruduk sekurangnya lima unit sepeda motor yang sedang berhenti. Beberapa di antaranya sempat terseret di kolong truk. Polisi dibantu warga sekitar kemudian melakukan evakuasi korban ke rumah sakit terdekat.

Sedangkan, sopir langsung diamankan dan diboyong ke Markas Komando Satuan Lalulintas Polrestabes Medan, guna proses pemeriksaan dan penyidikan atas kecelakaan maut itu.

author