Kembalikan Fungsi Trotoar, Polda Metro Jaya Ambil Tindakan Hukum

NTMC POLRI –  Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menyoroti kesemrawutan pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman Thamrin, Jakarta. Pasalnya, hak untuk pejalan kaki terabaikan.

“Kami akan mengembalikan fungsi trotoar sesuai peruntukannya setelah berbagai masalah sosial yang timbul,” ujar AKBP Budiyanto kepada wartawan, Rabu (1/6).

Masalah tersebut antara lain seperti ojek mangkal, pedagang kaki lima dan giat masyarakat lainnya yang berakibat tidak berfungsinya trotoar secara maksimal sebagai pedestrian atau ruang untuk pejalan kaki.

“Karena pada dasarnya trotoar adalah fasilitas umum bagi pengguna pejalan kaki, bukan sebagai tempat parkir, berdagang dan pangkalan ojek sehingga perlu dikembalikan pada fungsi yang sebenarnya,” jelas AKBP Budiyanto.

Untuk itu, AKBP Budiyanto melanjutkan, upaya pengembalian fungsi trotoar dapat dilaksanakan dengan cara melakukan tindakan kepolisian secara sinergis baik giat pre-emtif, preventif dan penegakan hukum dengan melibatkan personel dari polisi dan stake holders lainnya.

“Nanti ada 175 personel dari Ditlantas, Sabhara, Dishub dan Satpol PP untuk penertiban dan kami juga akan melakukan imbauan terhadap pelanggaran-pelanggaran tersebut tadi,” pungkas AKBP Budiyanto.

author