Kendati Banyak Pengendara Langgar Ganjil-Genap, Petugas Hanya Berikan Teguran

NTMC POLRI – Uji coba perluasan ganjil-genap mulai diberlakukan pagi ini. Banyak pengendara berpelat ganjil yang masih melanggar kawasan ganjil-genap di perempatan Jalan TB Simatupang-Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

Terlihat beberapa kendaraan berpelat ganjil masih memasuki kawasan ganjil-genap pukul 09.45 WIB. Pengendara mobil berpelat ganjil banyak yang masih melintas di Jalan Fatmawati.

Meski demikian, beberapa petugas Dishub masih membagikan brosur ‘Pembatasan Lalu Lintas Ganjil Genap Provinsi DKI Jakarta 2019’ di lokasi. Selain itu, terlihat juga ada 4 penanda jalan ‘Anda Memasuki Kawasan Ganjil-Genap’.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Priyanto mengungkap sosialisasi hari pertama ini akan dievaluasi. Menurutnya masih banyak pelanggar karena kondisi belum stabil.

“Nah terkait untuk pelanggaran kita belum lakukan penindakan hanya pantauan, kita persilakan tapi belum kita catat karena masih hari pertama. Jadi (hari pertama) kondisinya masih belum begitu stabil, karena itu dibuat sepaket antara sosialisasi dan uji coba,” kata Priyanto.

Priyanto menuturkan sebagian pengendara roda empat masih melanggar di simpang Fatmawati. Menurutnya, sebagian pelanggar berasal dari luar Jakarta.

“Kasat mata sebagian sudah banyak tahu, cuma ada satu dua kendaraan yang menerobos tapi kendaraan luar Jakarta seperti Lampung, Surabaya kita jumpai, itu kita maklumkan,” ujarnya.

Priyanto menegaskan sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian soal hukuman melanggar ganjil-genap. Ia menyebut setelah sosialiasi, pada 9 September pelanggar ganjil-genap akan dikenakan denda Rp 500 ribu.

“Nanti setelah 9 September, saat pemberlakuan ganjil-genap itu pelanggar dikenakan pelanggaran rambu sebagaimana UU 22 tahun 2009 dikenakan denda Rp 500 ribu,” tutur Priyanto.

Seperti diketahui, hari ini uji coba perluasan ganjil-genap diberlakukan pada 16 ruas jalan. Durasi ganjil-genap pun diperpanjang. Kini, Ganjil Genap berlaku pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Durasi di malam hari ditambah.

Uji coba ini akan berlangsung hingga 6 September 2019 mendatang. Sementara sosialisasi telah berlangsung sejak 7 Agustus lalu hingga 8 September 2019 mendatang. Sedangkan implementasi dan penegakan hukum akan mulai dilakukan pada 9 September 2019.

author