Korlantas Polri Gelar Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun Anggaran 2019

NTMC POLRI – Korlantas Polri menggelar Rakernis (Rapat Kerja dan Tekhnis) fungsi lalu lintas tahun anggaran 2019 dengan tema Polantas Promoter Dalam Mengimplementasikan Road Safety Policing Menuju Indonesia Maju. Acara yang rutin digelar tahunan ini akan berlangsung selama tiga hari 6-8 November 2019 di Ballroom Discovery Kartika Hotel Plaza, Kuta Bali.

Rakernis Fungsi Lalu lintas T.A 2019 ini dibuka langsung oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Kushariyanto mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, serta dihadiri oleh 33 Dirlantas Polda, Kasubdit Gakkum Polda, Kasubdit kamsel Polda, Kasubdit Bag Ops Polda, Kasat Lantas, dan Kasat PJR. Terlihat seluruh peserta hadir menggunakan udeng di kepala dan selendang diikat di bagian perut.

Brigjen Pol Drs. Kushariyanto menyampaikan dalam amanatnya, salah satu yang menjadi prioritas tugas Polantas adalah bagaimana meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka, karena
keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting.

“Pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas harus menjadi habit dan budaya yang dipatrikan sejak usia dini. Pendidikanlah yang dapat bertindak sebagai pembuka hati. Semakin modern suatu masyarakat, standar keselamatan dalam berlalu lintas bagi warganya semakin meningkat dengan pola-pola yang tidak lagi konvensional, dengan mementingkan keselamatan berlalu lintas akan mengangkat citra dan harga diri bangsa.” kata Dirgakkum, Rabu (6/11/2019).

Brigjen Pol Drs. Kushariyanto menambahkan, program-program keselamatan yang berkerjasama stake holder terkait harus terintegrated dan terdapat sistem yang bekesinambungan.

“Kemudian dukungan dari corporate social responsibility (csr) sektor industri menjadi hal yang wajib ditumbuhkembangkan sebagai wujud kepekaan, kesadaran, kepedulian, dan tanggung jawab corporate dalam upaya meningkatkan kualitas dan menurunkan tingkat fatalitas korban,” ungkap Dirgakkum.

Dirgakkum berharap kedepan polantas harus semakin baik melalui inisiatif sebagai penggerak revolusi mental, terutama untuk hal yang berkaitan dengan fungsi lalu lintas. keteladanan dalam leadership yang transformatif dan mampu memberdayakan, menginspirasi, memberikan solusi bagi terwujudnya polisi lalu lintas yang unggul.

“Menjadi polisi yang profesional, modern dan terpercaya merupakan proses panjang yang setidaknya dimulai dari pemikiran-pemikiran visioner yang luar biasa, selain itu juga diawaki sdm yang profesional yang memiliki attitude yang baik,” jelas Dirgakkum.

Dengan dipukulnya gong oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Drs. Kushariyanto tanda resmi dimulainya Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun Anggaran 2019.

author