Korlantas Polri: Ingin Terhindar Macet, Manfaatkan Aplikasi Real Time TMC

NTMC – Terkait dengan kemacetan yang kita ketahui telah menjadi makanan sehari-hari para pengguna jalan di kota-kota besar. Bagi para pengguna kendaraan yang tidak ingin terjebak kemacetan sebenarnya terdapat beberapa antisipasi untuk menyiasati untuk menghindari kemacetan di jalan raya.

Adapun langkah yang dapat digunakan salah satunya yakni dengan menggunakan aplikasi real time bernama TMC Polda Metro maupun menghubungi NTMC Korlantas Polri.

Kasubbag Kamsel Korlantas Polri, AKBP Hari Purwanto saat kemarin ditemui menyampaikan, “Aplikasi ini dapat kita lihat secara langsung, jadi kalau kita ingin mengecek kondisi jalan tujuan pengendara. Aplikasi ini juga dirancang untuk dapat mengecek seluruh ruas jalan yang ada di Indonesia,”.

Pada dasarnya aplikasi ini bekerja untuk menyajikan informasi seputar kondisi jalan via pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga.

“Aplikasi ini dapat di download secar gratis, jadi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena sekarang eranya juga sudah mulai beralih ke digital, jadi kita harus memanfaatkan teknologi,” ungkapnya.

Meski begitu, AKBP Purwanto mengakui saat ini tidak semuanya dapat terkoneksi dengan baik. Misalnya ada beberapa ruas jalan, dimana CCTV yang tersedia mengalami gangguan.

“Memang ada CCTV yang rusak, biasanya ketika di klik dia malah bertuliskan offline. Ini tentu akan diperbaiki,” pungkasnya.

Selain dapat menyajikan kondisi jalan secara real time, aplikasi ini juga menyediakan fitur chatting agar masyarakat dapat terhubung lqngsung dengan pihak NTMC. Aplikasi TMC Polda Meteo sendiri saat ini telah tersedia pada perangkat android.

author