Kunjungi Polda Kalsel, Wakapolri : Mencegah Lebih Baik Daripada Memadamkan Kebakaran

NTMC POLRI  – Tujuan Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., beserta rombongan mengunjungi Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu untuk melakukan supervisi dan asistensi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si., ketika memberikan kata sambutan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel, Kamis (12/9/2019).

 

“Pada kesempatan ini kami sampaikan kepada Wakapolri, jika dalam menangani Karhutla telah melakukan sejumlah kegiatan baik sosialisasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa dikewilayahan. Bahkan, kami telah menangkap beberapa orang yang diduga pelaku pembakaran,” kata Kapolda.

 

Sementara itu ditempat yang sama, Wakapolri menuturkan, kejadian Karhutla ini sudah terjadi sejak lama dan tahun 2015 merupakan tahun terparah yang dialami.

 

“Karena waktu itu saya melakukan kunjungan kerja ke Polda Kalsel khusus untuk meninjau bencana tersebut. Saya rasa, penanganan Karhutla yang dilakukan Polda Kalsel beserta unsur terkait sudah lebih baik dibandingkan wilayah lainnya,” ungkapnya.

 

Dalam arahan ini, Wakapolri juga mengharapkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah kebakaran. “Karena upaya pencegahan lebih baik dibandingkan memadamkan api yang berkobar,” pungkasnya.

author