Langkah Bikin SIM Internasional Online dari Rumah Langsung Diantar Kerumah

NTMCPOLRI – Adaptasi kebiasaan baru ‘new normal’ dalam pelayanan kepolisian dibidang lalu lintas khususnya penerbitan SIM Internasional, Korlantas Polri kini telah menyediakan layanan mekanisme penerbitan SIM Internasional dari rumah saja ‘New Mechanism In New Normal’. Layanan ini diluncurkan juga berkaitan inovasi terobosan dalam menghindari kerumunan masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Pemohon SIM Internasional, cukup dengan aplikasi, daftar, mengikuti mekanisme yang sudah diatur, dan langsung diterima oleh masyarakat.” quote Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, saat ditemui di gedung NTMC, Jakarta, Rabu(15/7).

Pemohon SIM Internasional silahkan akses link website siminternasional.korlantas.polri.go.id. atau cukup menulis kata kunci SIM Internasional melalui browser di ponsel pintar atau komputer.

Perlu diingat, saat melakukan registrasi online lakukan pengisian data diri dengan teliti, dan cermat sesuai Identitas diri yang tercantum pada Pasport, Nomor dan golongan SIM secara benar.

Setelah website terakses, pemohon dapat melakukan registrasi secara online dengan melakukan pengisian data diri. Pemohon diminta mengunggah foto SIM yang masih berlaku, foto KTP, foto paspor, foto KITAP khusus WNA, foto diri dengan warna latar belakang putih, dan foto tanda tangan.

Selanjutnya pilih cara pengambilan SIM Internasional. Pengambilan dapat diambil sendiri di kantor pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau memilih dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman.

Setelah semua terisi lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional plus tarif jasa pengiriman. Berdasarkan PP No.60/2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Polri, biaya pembuatan SIM internasional baru Rp250 ribu, sementara perpanjangan Rp225 ribu. SIM internasional ini berlaku selama tiga tahun.

Pembayaran dapat di lakukan secara non tunai Melalui ATM, M-Banking, Internet Bangking maupun setor tunai pada Bank.

“Kelengkapan administrasi dan pembayaran semuanya dinilai sudah cukup, langsung direspon dan dilayani, kemudian besok sudah diantar.” jelas Kakorlantas Polri.

Setelah melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM Internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik, kemudian petugas melakukan verifikasi dan validasi data pemohon serta melakukan identifikasi data.

Jika persyaratan lengkap dan sesuai maka petugas akan melakukan pencetakan buku SIM Internasional, kemudian melakukan pengiriman pengantaran via Gojek untuk wilayah Jakarta dan PT Pos Indonesia untuk wilayah luar kota. Dijamin SIM Internasional pemohon akan sampai ke tangan pemohon sesuai alamat rumah.

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai pembuatan SIM Internasional, dapat menghubungi Korlantas Polri Gedung SIM International, Alamat: MT Haryono St No.37-38, RT.8/RW.2, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan 12770. Pengaduan khusus kinerja dan pelayanan SIM Internasional dapat disampaikan melalui email sim.internasional@polri.go.id dan/atau nomor Whatapps 0811.31.172020

siminternasional.korlantas.polri.go.id

author