Langkah Kakorlantas Bangun Kesadaran yang Sering Buang Sampah Sembarangan

NTMC POLRI – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono menyinggung permasalahan sampah yang kerap menjadi masalah utama banjir. Terlebih dikarenakan masalah banjir dapat berdampak pada gangguan arus lalu lintas.

Kakorlantas meyakini perlu membangun sebuah kesadaran pada publik untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tak dipungkiri, Kakorlantas juga menyebutkan pembuangan sampah sembarangan sering kali dilakukan oleh pengendara saat terjebak macet ataupun antrian panjang. Dalam kasus ini, Kakorlantas menyoroti di ruas Tol Gadog maupun Brexit.

“Anda lihat di Gadog, kalau hari Sabtu-Minggu macet panjang, pasti sampah akan berserakan.” katanya saat melangsungkan pencanangan program Korlantas Polri Peduli Lingkungan Bersih, di lantai 4 NTMC Polri, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Kakorlantas berharap, adanya kegiatan peduli lingkungan ini dapat menggugah pengendara. Dan anggota Polri khususnya dapat juga menyampaikan kepada masyarakat serta memasang tempat sampah dilingkungan lokasi tersebut.

Selain itu, Kakorlantas juga menyoroti di lingkungan parkir dan diarea lainnya yang bersinggungan, sampah masih menjadi masalah. “Oleh karena itu, lalu lintas hari ini kita bekali wawasan peduli sampah. Dengan demikian mereka akan lebih peduli dan lebih peka terhadap masalah-masalah kebersihan di lingkungan sendiri, di kantor, maupun diluar kantor hingga lingkungan rumah.” ungkapnya.

Lanjutnya, Kakorlantas menerangkan bahwa anggota Polri juga akan mendapatkan wawasan bahwa sampah itu memiliki nilai ekonomis dan menjadikan lingkungan menjadi lebih sehat.

“Saya harapkan para personel polisi menjadi corong dan penyampai pesan tentang kebersihan lingkungan ini.” tegasnya.

Turut serta dalam pencanangan program Korlantas Polri peduli lingkungan bersih, Direktur Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Felicia Yanti, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Novrizal Tahar, serta Ibu Ketua Bhayangkari Cabang BS Korlantas Polri Ny. Sintha Istiono.

author