Lapas Sorong Terbakar, 258 Narapidana Melarikan Diri

76 views

NTMCPOLRI – Kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat berimbas pada terjadinya kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sorong, Papua Barat, Senin (19/08/2019). Kejadian tersebut dipicu adanya provokasi yang berasal dari massa demonstrasi yang menggelar aksi di luar lapas. Para demonstran melempari gedung lapas hingga memicu emosi narapidana di dalam lapas.

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.00 WIT dimana para narapidana berteriak karena mulai terpancing oleh para demonstran di luar lapar. Pada saat itu, petugas masih mampu meredam emosi para narapidana.

Sekitar pukul 16.15 WIT, kondisi mulai tidak kondusif dimana mulai terjadi pelemparan batu antara narapidana dan demonstran yang menyebabkan tembok sisi kanan lapas dan jendela ruang registrasi jebol.

Akibat dari kerusuhan tersebut, adanya bentrok fisik antara petugas dan narapidana yang menyebabkan satu orang petugas terluka dan ratusan narapidana melarikan diri.

“Tercatat dari total 547 narapidana, 289 orang masih berada di dalam lapas sorong. Sementara 258 orang lainnya melarikan diri,” ucap Menurut Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto.

Situasi Lembaga Pemasyarakatan mulai kondusif pada pukul 19.00 WIT. Pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk memadamkan api. Pihak Lapas Sorong juga akan melakukan pendataan kembali pada warga binaan yang masih berada di dalam lapas, dan akan melakukan pencarian narapidana yang berhasil melarikan diri.

author