Lewati Tol Cipularang, Kendaraan Berat Harus di Lajur Kanan

NTMC Polri – Rekayasa lalu lintas sudah mulai dilakukan di KM 118+600 Tol Cipularang sejak Rabu (19/2/2020).

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, mengatakan, di jalur A atau arah dari Jakarta menuju Bandung, Tol Cipularang KM 118 masih bisa dilintasi kendaraan jenis apa pun seperti biasanya. Namun untuk jalur B atau arah Bandung menuju Jakarta, ada pengaturan khusus.

“Kendaraan berat harus berada di lajur kanan namun kendaraan kelas 1 seperti bus bisa di lajur normal,” ujar Istiono saat meninjau lokasi longsor.

Jika terjadi kondisi darurat, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah-langkah alternatif agar kondisi arus lalu lintas tetap normal meskipun sedang dilakukan pengerjaan lereng Tol Cipularang.

“Untuk jangka pendeknya kami harus gunakan contra flow. Jasa Marga, Polri, dan Dinas Perhubungan sudah siap,” katanya.

Jika terjadi cuaca ekstrem saat perbaikan lereng berlangsung, Istiono mengaku juga sudah menyiapkan langkah alternatif yang lain berupa mengalihkan arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta ke Padalarang Timur.

“Itu sampai di gate tol Jatiluhur. Rambu lalu lintas serta personel sudah kami siapkan. Kami juga sudah survei. Oleh karena itu, bila ada triger masalah di titik ini akan segera kami berlakukan langkah alternatif ini,” ucapnya.

author