Mantan Kapolda Jatim Maju Dalam Pencalonan Walkot Surabaya

NTMCPOLRI – Sejumlah partai politik yang mengusung Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sebagai Bakal Calon Wali Kota Surabaya menggelar deklarasi dukungan bersama, di Machfud Arifin Center, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Minggu (26/1/2020).

Partai politik (parpol) yang sudah dipastikan mengusung mantan Kapolda Jatim dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya tahun ini adalah PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan PPP.

Deklarasi dukungan tersebut dibacakan masing-masing ketua partai politik tingkat Kota Surabaya dan disaksikan langsung oleh Machfud Arifin dan para pimpinan partai politik di tingkat provinsi.

Dalam kesempatan tersebut, Machfud Arifin mengungkapkan faktor-faktor yang membuat dirinya akhirnya bersedia maju dalam Pilwali Surabaya 2020.

“Banyak pihak juga yang bertanya, kok jenderal bintang dua ingin maju jadi Wali Kota Surabaya,” terang Machfud Arifin.

Cak Machfud Arifin-sapaan akrabnya menambahkan, ada dua orang yang sangat getol mendorongnya maju dalam Pilwali Surabaya 2020, yaitu Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019 sekaligus Wantimpres Soekarwo atau Pakde Karwo dan Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

“Pakde Karwo ini terus memprovokasi saya untuk maju jadi wali kota. Saya sudah bilang saya tidak bisa tapi empat kali ketemu ngomongnya begitu terus,” jelas Cak Machfud Arifin.

Sementara Dahlan Iskan bersama Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilil Muttaqien, Takeran, Magetan, KH Miratul Mukminin (Gus Amik) sudah bertemu langsung dengan Cak Machfud Arifin. Mereka juga ikut mendorong Cak Machfud Arifin untuk maju Pilwali Surabaya 2020.

author