Minibus Tabrak Pembatas Jalan di Tol Cipularang, 1 Orang Tewas

NTMC POLRI – Mobil minibus mengalami kecelakaan tunggal di jalan Tol Cipularang KM 101, Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (7/8/2020) sore. Akibat insiden ini seorang penumpang, Darrel (16), tewas di tempat kejadian.

Kanit Lakalantas Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengungkapkan kronologi kecelakaan maut ini berawal saat pengemudi minibus bernomor polisi D-1768-AGV , Adriel Priatna (17), memacu kendaraan berkecepatan tinggi.

Mobil yang datang dari arah Bandung menuju Jakarta itu berusaha menyalip mobil lain. Namun kemudian pengemudi hilang kendali hingga akhirnya oleng ke sebelah kiri lalu menabrak pembatas jalan.

“Kecelakaannya karena pengemudi tidak bisa mengendalikan mobil saat menyalip. Kemudian menabrak guardrail dan berguling 360 derajat, berakhir di jalur arah Bandung. Artinya melewati jalur awal kendaraan datang,” kata Erin.

Penumpang mobil yang meninggal dan mengalami luka ringan dibawa ke rumah sakit. “Korban meninggal dan korban luka ringan juga dibawa ke rumah sakit untuk penanganan. Anggota kami langsung melakukan olah TKP dan pengangkutan unit yang rusak parah,” jelas Erin.

Berdasarkan pengecekan identitas, penumpang dan pengemudi mobil yang terlibat kecelakaan tersebut semuanya masih di bawah umur. “Kami lakukan pengecekan identitas dan kelengkapan surat mengemudi. Semuanya masih di bawah umur, pengemudi usia 17 tahun dan belum memiliki SIM. Kecelakaan ini murni kelalaian dari pengemudi karena tidak melibatkan kendaraan lainnya,” terang Erin.

Polisi sudah meminta keterangan penumpang yang selamat dalam insiden kecelakaan itu. “Menurut rekannya, kendaraan melaju di lajur cepat akan mendahului. Karena dia (pengemudi) dengan kecepatan tinggi, dia banting stir ke kiri, sampai di bahu jalan dia nabrak,” ujar Petugas PJR Tol Cipularang Bripka Sendhi usai evakuasi bangkai mobil.

Pascakejadian, korban luka dan korban tewas dievakuasi ke RS MH Thamrin Purwakarta. Sedangkan bangkai kendaraan diamankan ke pol derek Jatiluhur. Kasus kecelakaan tunggal ini ditangani Satlantas Polres Cimahi.

“Korban tujuh, meninggal satu. Lainnya luka ringan,” ucap Sendhi.

author