Mulai Besok Bulan ‘Patuh Trotoar’ Akan Digelar Selama 1 Bulan

NTMCPOLRI – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencanangkan program bulan ‘Patuh Trotoar’. Bulan Patuh Trotoar akan digelar selama satu bulan penuh dan gelaran dimulai sejak besok Selasa (1/8/2017).

Perlu diketahui, dalam program bulan patuh trotoar tersebut, Pemprov DKI Jakarta bersama Dishub dan kepolisian akan lebih mengintensifkan penegakan ketertiban di trotoar.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balaikota DKI, Senin (31/7/2017) menyampaikan telah memerintahkan semua perangkat di wilayah untuk menertibkan trotoar selama Agustus ini.

Dengan bulan patuh trotoar, Djarot berharap perilaku masyarakat berubah. Mantan Walikota Blitar itu meminta masyarakat menggunakan trotoar sesuai fungsinya mengingat banyaknya trotoar yang diokupasi pedagang kaki lima ataupun dijadikan lahan parkir. Perilaku pengendara yang sering menggunakan jalur trotoar juga diharapkan tidak terjadi lagi.

“Yang kami inginkan adalah ada perubahan perilaku dari masyarakat kita. Kan masalahnya masih soal perilaku yah. Perilaku supaya benar-benar kalau menggunakan jalan itu harus sesuai dengan fungsinya. Trotoar juga untuk jalan kaki, bukan untuk motor atau mobil, bukan untuk jualan,” imbuh Djarot.

Lebih lanjut Djarot meminta penataan trotoar di Jakarta dibuat seramah mungkin bagi pengguna termasuk untuk penyandang disabilitas.

“Makanya, waktu itu saya sampaikan kalau trotoar lebar banget, pinggir trotoar itu dikasih tanamaan. Supaya tidak digunakan untuk parkir motor atau parkir mobil. Tapi ini di pinggirnya lho, ya,” tutup Djarot.

author