Operasi Patuh 2020, Kakorlantas: Ini Operasi Kemanusiaan, Kedisiplinan dan Kepatuhan Masyarakat Paling Utama

NTMCPOLRI – Kepolisian Republik Indonesia melalui Korps Lalu Lintas akan menggelar operasi lalu lintas dengan tema operasi Patuh 2020 selama 14 hari. Mulai pelaksanaan terhitung pada tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Meskipun operasi lalu lintas dilaksanakan di tengah pandemi virus Covid-19, kepolisian akan menindak pengemudi sepeda motor dan mobil yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Kita sudah vicon bersama jajaran. Operasi patuh 2020 kita mulai tanggal 23 – 5 Agustus,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono, saat ditemui Rabu (15/7).

Lanjutnya, Kakorlantas menjelaskan orientasi operasi patuh 2020 ini tetap pada operasi kemanusiaan dikarenakan situasinya dalam adaptasi baru pandemi Covid-19.

“Tindakan hukum yang dikedepankan ialah preemtif, persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” terangnya.

Namun Kakorlantas menegaskan tidak menutup kemungkinan akan melakukan penindakan hukum bagi pengendara yang masih membandel.

“Yang jelas utama kita pencegahan dulu. Langkah-langkah represif penegakan hukum paling belakang. Kedisiplinan masyarakat, kepatuhan masyarakat jadi utama.” tegasnya.

author