Operasi Zebra 2019, 2.980 Pelanggar Ditilang di Madiun

NTMCPOLRI – Operasi Zebra Semeru 2019 resmi berakhir, Selasa 5 November 2019. Sedikitnya ada 3.042 pelanggaran lalu lintas selama pelaksanakan Operasi Zebra Semeru 2019 di wilayah Satlantas Polres Madiun Kota. 2.980 diantaranya harus mendapatkan tindakan tilang.

Satlantas Polres Madiun Kota mencatat sedikitnya ada 3.042 pelanggaran lalu lintas selama pelaksanakan Operasi Zebra Semeru 2019. Dari jumlah tersebut tercatat 2.980 di antaranya tilang dan 62 teguran. Penindakan pada operasi kali ini meningkat 8 persen dibanding tahun lalu yang hanya 2.804 pelanggaran.

Berdasarkan data, kendaraan yang paling banyak terlibat pelanggaran yakni sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang serta minibus. Sedangkan pelaku pelanggaran didominasi pelajar, mahasiswa, karyawan swasta serta PNS.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, jenis pelanggaran lalu lintas paling banyak ditemukan yaitu pengendara di bawah umur. Kmudian tidak menggunakan helm SNI, tidak melengkapi surat-surat kendaraan,

Pelanggaran lainnya yaitu melawan arus, menggunakan hp saat berkendara, tidak menggunakan safety belt dan pelanggaran lainnya.

Selain penindakan, operaso ini juga melaksanakan kegiatan preventif. Mulai pengaturan lalu lintas, penjagaan, pengawalan dan patroli. (mb)

author