Operasi Zebra 2020, Polda Sumbar Targetkan Motor Knalpot Brong

NTMC POLRI – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) bersama 19 polres di kabupaten dan kota akan kembali menggelar operasi tertib berlalu lintas. Kegiatan itu akan berlangsung mulai Senin, 26 Oktober hingga Minggu, 8 November 2020.

Sasaran utama dalam Operasi Zebra Singgalang itu adalah knalpot racing, dokumen kendaraan, dan implementasi peraturan daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, Operasi Zebra Singgalang digelar untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Sumbar.

“Iya betul ada (Operasi Zebra). Razia ini kami lakukan juga sebagai penegakkan Perda AKB,” katanya, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Menurutnya, sasaran operasi ini untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat berlalu lintas, terutama di masa pandemi Covid-19.

Senada dengan itu, Kapolresta Padang AKBP Imran Amir juga mengatakan bahwa sasaran Operasi Zebra 2020 Singgalang adalah sepeda motor dengan knalpot racing. Kemudian pengendara yang tidak menggunakan helm dan surat-surat kendaraan.

“Lokasi razia di lokasi yang rawan akan terjadinya pelanggaran itu,” katanya.

Sebelumnya, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang yang dilaksanakan dari Kamis tanggal 23 Juli hingga Rabu 5 Agustus 2020, Polresta Padang melayangkan sebanyak 1.418 berkas surat bukti pelanggaran (tilang). Angka tersebut diklaim mengalami penurunan dibanding pelaksanaan kegiatan serupa di tahun 2019.

Tags:
author