Ops Patuh Candi 2019, Sat Lantas Polres Wonosobo Jaring Ribuan Pelanggar

NTMC POLRI – Satlantas Polres Wonosobo menggelar Operasi Patuh Candi 2019 yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai Kamis (29/08/2019) hingga 11 September 2019.

Hari ini Rabu 11 September 2019 adalah hari terakhir pelaksanaan Ops Patuh Candi 2019 dan hasilnya sat Lantas Polres Wonosobo menilang ribuan pengendara yang melanggar aturan lalu lintas dengan diberi sanksi tilang.

Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP Putri Nur Cholifah mengungkapkan, hingga hari ini yaitu hari terakhir pelaksanaan Operasi Patuh Candi, setidaknya terdapat 2.300an pelanggar kena tilang. Jumlah pelanggar tersebut berkurang dari tahun lalu yang berjumlah 2.600an pelanggar hingga hari ke empat belas.

Dari ribuan pelanggar tersebut didominasi karena masalah helm, yang prosentasinya masih banyak dibandingkan pelanggaran lain. Selain itu, pelanggaran pengendara anak dibawah umur juga masih banyak.

Pelanggaran pengendara anak dibawah umur ini tidak hanya ditemukan di daerah kota saja, tetapi merata di semua wilayah di Wonosobo. Oleh karena itu, peran orang tua untuk mengawasi anaknya agar tidak mengendarai sepeda motor di jalan raya sangat diperlukan karena sangat berbahaya.

Lebih lanjut dikatakannya, ada 8 prioritas pelanggaran yang menjadi target dalam operasi ini, yaitu tidak menggunakan helm bagi pengendara kendaraan roda dua, tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengendara anak di bawah umur, melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, melebihi batas kecepatan dan penggunaan sirine atau strobo.

Tags:
author