Pantau Arus Lalu Lintas H-1 Idul Adha via Udara, Wakapolri: Lancar, Tidak Ada Hambatan

NTMC POLRI – Menjelang H-1 hari raya Idul Adha 1441 H / 2020 M, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono
didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono bersama Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo, turun langsung memantau kondisi arus lalu lintas dan pengamanan operasi patuh 2020 via udara menggunakan helikopter.

“Berangkat dari Polda Metro sampai kesini, arus lalulintas masih lancar dan tidak ada hambatan baik itu tol elevated maupun jalur tol dibawah,” ujar Wakapolri Komjen Gatot Eddy, di Pos PAM Cikopo, Jawa Barat, Kamis (30/7).

Lanjutnya, Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjelaskan dari hasil paparan Kapolda Jabar beserta Dirlantas Jabar bahwa volume arus kendaraan Idul Adha tahun 2020 terdapat sedikit peningkatan sebesar 39 persen dibanding tahun lalu dikarenakan tahun ini bertepatan dengan libur weekend selama 3 hari. Diungkapkan, sehingga hal tersebut dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bepergian pulang kampung atau ketempat wisata yang sudah diizinkan sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah daerah masing-masing.

Tambahnya, berdasarkan dari hasil keterangan Kakorlantas melihat sampai kepada seluruh jajaran di Indonesia sampai hari ini tidak ada kejadian lalu lintas yang menonjol dalam arti kecelakaan lalulintas serta tidak ada juga gangguan kriminalitas yang menonjol.

“Kemarin pak Kakor juga sudah melakukan pengecekan hingga Merak-Bakauheni, semuanya lancar. Jika ada kenaikan sedikit dan tidak terlalu banyak. Mudah-mudahan ini lancar sampai hari Minggu. Ada prediksi malam nanti meningkat, namun kita sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasinya,” imbuh Wakapolri.

Terakhir, Wakapolri juga tak lupa berpesan kepada anggoya jajarannya dan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Yang terpenting adalah, saya mengingatkan dalam kegiatan pengamanan ini mempedomani protap protokol kesehatan Covid-19 betul-betul dilakukan supaya anggota kita yang menjalani penugasan tidak tertular Covid-19 juga masyarakat yang melakukan perjalanan tidak tertular Covid-19,” tutupnya.

Turut hadir pada lokasi Pos PAM Cikopo, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy, Kakor Sabhara Irjen Wahyudi, Kapolairud Irjen Pol Latief, SOPS Brigjen Komarul Z, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy, Kabagops Korlantas Kombes Pol Rudi Antartiksawan.

Dikesempatan yang sama, Wakapolri dan jajaran memberikan secara simbolis bahan makanan kepada anggota personel yang bertugas dilapangan. Usai dari Pos PAM Cikopo, Wakapolri melanjutkan pantauan udaranya menyusuri ruas jalan tol maupun arteri Brebes hingga Merak.

author