Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2016 Akan Berlangsung Sepekan Kedepan

NTMC – Selama sepekan kedepan akan berlangsung gelaran Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2016 yang dilaksanakan sejak 24 September 2016 dengan diawali dengan Press Conference pencanangan Pekan Nasional Keselamatan Jalan dan berakhir pada 30 Oktober 2016.

Perlu diketahui, Penyelenggaraan Pekan Nasional Keselamatan Jalan telah dilaksanakan sejak tahun 2007 sebagai bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan.

Dalam gelaran press confrence kemarin, turut hadir sebagai narasumber pada Press Conference pencanangan Pekan Nasional Keselamatan Jalan  Tahun 2016 yaitu; Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat, Hindro Surahmat, Direktur Pembinaan Keselamatan Kementerian Perhubungan, Eddi, Kabag Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Kombes Pol. Indra Gautama, Kasubdit Transportasi Darat Bappenas, Dail Umamil Asri serta Kasubdit Lingkungan dan Keselamatan Jalan Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan Ditjen Bina Marga, Subaiha Kipli.

Eddi Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat mengatakan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia namun telah menjadi gerakan dunia seiring dengan perhatian dunia internasional pada permasalahan keselamatan jalan.

Sesditjen Perhubungan Darat, Hindro Surahmat menambahkan, Pekan Nasional Keselamatan Jalan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan haruslah tepat sasaran dan berguna untuk menurunkan angka kecelakaan.

”Yang paling penting adalah menyentuh orang yang melakukan kegiatan perjalanan atau pergerakan di jalan dan berusaha menyadarkan para pengguna jalan,” ujarnya.

”Kita berusaha menurunkan angka kecelakaan itu dengan mensosialisasikannya kepada para pengguna jalan terutama secara spesifik pada pekan ini kepada anak-anak sekolah,” tambah Hindro.

Berbagai hal yang telah dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk keselamatan anak di Indonesia Antara lain adalah manajeman rekayasa lalu lintas di kawasan sekolah bernama ZoSs Zona Selamat Sekolah yaitu dengan memperbaiki fasilitas keselamatan, penyebaran helm anak dengan standar SNI ke seluruh Indonesia, pemilihan pelajar pelopor keselamatan, penyusunan materi keselamatan jalan bagi anak usia 3-18 tahun, penyusunan pembangunan taman edukatif keselamatan transportasi darat dan RASS(Rute Aman Selamat Sekolah).

Penyelenggaraan Pekan Nasional Keselamatan Jalan akan dilakukan dengan berbagai kegiatan meliputi: sosialisasi keselamatan kepada para pelajar SMP dari 4 sekolah dan pelajar SMA dari 4 sekolah, sosialisasi keselamatan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Trisakti, sosialisasi dalam bentuk Lomba Kesenian Pekan Keselamatan berupa vocal group, Coaching Clinic Safety Riding oleh tim pengajar Ikatan Motor Indonesia, Fun Walk yang berkeselamatan bersama Menteri Perhubungan dan 1000 anak-anak.

author