Pelaku Pembajakan Truk Muatan Kayu di Surabaya Dibekuk Polisi

NTMCPOLRI – M Sairi (35), satu dari lima pelaku pembajakan sebuah truk bermuatan kayu kamper di Surabaya ditangkap. Tak hanya itu, Polisi juga telah menemukan muatan kayu senilai Rp 200 juta yang dibajak para pelaku.

“Alhamdulillah, dari Satreskrim Polrestabes Surabaya khususnya Unit Resmob dapat menangkap satu pelaku yang TKP-nya ini di Jalan Tol Romokalisari,” kata Kanit Resmob Polrestabes Surabaya Iptu Bima Sakti, via pesan singkatnya, Rabu (6/11/2019).

“Untuk empat tersangka lainnya sudah kita ketahui identitasnya dan masih dalam pengejaran” imbuh Bima.

Menurut Bima, Sairi ditangkap saat berada di Gresik. Sedangkan untuk barang bukti kayu muatan truk senilai Rp 200 juta ditemukan di Bangkalan, Madura.

“Tersangka kita tangkap di Gresik, isi muatan kayunya ini kita amankan di daerah Bangkalan. Kayunya ini senilai Rp 200 juta,” ujar Bima.

“Sebelumnya, truk yang dibajak ini sudah kita temukan juga di sekitar Jembatan Suramadu arah ke Surabaya,” tambahnya.

Bima menuturkan, dari keterangan tersangka yang ditangkap, usai melakukan pembajakan truk, para tersangka kemudian berpencar. Dua tersangka dengan membawa truk menuju ke Bangkalan, sedangkan tiga tersangka menuju Lamongan untuk melepaskan korban.

“Keterangan tersangka, setelah membajak truk dua orang pelaku ini langsung menuju ke Madura dan tiga lainnya bersama korban dengan kondisi diikat dan mata ditutup dibuang ke Lamongan,” tuturnya.

Sebelumnya, seorang sopir truk melaporkan kejadian perampokan yang menimpa dirinya ke Polrestabes Surabaya. Perampok tak hanya membajak truknya, tetapi juga menyekap dan membuangnya ke Lamongan. Laporan itu dilakukan sehari setelah kejadian perampokan pada Rabu (24/10).

Informasi yang dihimpun, sopir truk tersebut bernama Nyoman Suwarnata (35), warga Desa Gores, Kecamatan Gerokak, Kabupaten Singaraja, Bali. Sedangkan lokasi perampokan berada di tol Romokalisari.

Bima menuturkan, truk bernopol DK 8369 QW awalnya dari Gresik hendak menuju Bali. Namun saat tiba di tol Romokalisari, truk bermuatan kayu kamper itu dipepet dan dihentikan sebuah Suzuki Ertiga berwarna putih yang ditumpangi 5 orang kawanan perampok.

author