Pelanggar Ganjil-Genap Jakarta Mulai Ditindak Hari Ini

NTMC POLRI – Pemberlakuan perluasan sistem ganjil genap di 25 titik ruas jalan di Jakarta sudah berlaku sejak hari ini. Petugas kepolisian akan menindak jika ada pengendara yang melanggar dengan sanksi denda maksimal Rp 500 ribu.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir menegaskan pihaknya pada hari ini mulai menindak para pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap. Sebab, sosialisasi terkait perluasan ganjil-genap sudah selesai.

“Pelanggar dikenakan sanksi dua bulan penjara atau denda administrasi sebesar maksimal Rp 500 ribu,” kata Nasir, Senin (9/9/2019).

Hukuman kurungan maupun denda Rp 500 ribu tertuang pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ganjil genap sendiri akan berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB.

Sementara itu situasi di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, pukul 07.10 WIB terlihat mulai ada 4 petugas polisi dan Dishub yang melakukan pengawasan. Terlihat di Bundaran Senayan para petugas juga mengatur jalannya lalu lintas.

Jalan Sisingamangaraja menjadi titik awal perluasan ganjil genap yang akan berlaku hingga perempatan Jalan TB Simatupang. Terlihat di titik awal ini ada petunjuk marka bertuliskan Kawasan Gage.

author