Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Polres Asahan Gelar Operasi Yustisi Bersama 3 Pilar

NTMC POLRI – Dalam rangka pendisiplinan protokol kesesahatan, Polres Asahan yang tergabung dari Satlantas dan satuan lainnya menggelar operasi yustisi bersama 3 pilar di Kota Kisaran, Senin (14/9/2020).

Operasi tersebut dilakukan di 3 titik yaitu Jalan Cokroaminoto berdekatan dengan Simpang Bunut, Jalan Imam Bonjol berdekatan Pangkal Titi dan Jalan Sisingamangaraja berdekatan dengan Kantor KPUD Asahan.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan dengan Implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perbub Asahan nomor 25 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona virus disease 2019 di Kabupaten Asahan.

Kasatlantas Polres Asahan AKP. Budiono Saputro, SH saat ditemui wartawan menjelaskan bahwa untuk pengendalian penyebaran Corona dalam melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) perlu didukung kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk penerapan protokol kesesahatan dalam melaksanakan aktivitas serta pengamanan dan penanganan yang dilakukan secara konsisten, efektif, efisien dan berkesinambungan.

“Upaya ini kita lakukan dengan cara menghimbau kepada masyarakat agar taat terhadap protokol kesesahatan dengan mengubah polah dengan adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya.

Bagi pengendara yang tidak menggunakan masker, petugas melakukan himbauan dan teguran serta memberikan masker untuk digunakan.

“Untuk saat ini kita hanya memberikan himbauan dan teguran kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan kita data identitasnya serta kita berikan masker agar kedepannya tidak diulangi lagi,” kata AKP. Budiono.

Disisi lain, petugas Satlantas juga melakukan penegakan hukum kepada pengendara yang tidak taat dengan aturan lalulintas.

“Kita ada lakukan tilang juga kepada pengendara yang melanggar peraturan lalulintas seperti tidak pakai helm, melawan arus dan over dimensi,” paparnya.

Kasatlantas Polres Asahan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat agar sadar terhadap keselamatan dan kesehatan dengan tetap selalu mengikuti anjuran protokol kesehatan dan patuh terhadap peraturan lalulintas.

“Ayo kita jaga kesehatan kita semua dengan selalu menggunakan masker. Tak kalah penting dengan keselamatan, kita harus tetap mematuhi peraturan lalulintas demi keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya,” tutup AKP. Budiono.

author