Pengamanan Dilapangan Hingga Pengamanan Cybercrime Saat Asean Games Dipersiapkan Serius

NTMCPOLRI – Pengamanan Asian Games 2018 menjadi perhatian khusus. Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Djoko Setiadi, serta Wakapolri Komjen Pol Syafruddin bertemu guna membahas keamanan selama perhelatan internasional itu berlangsung.

“Banyak yang dibicarakan. Masalah kesiapan penyelenggaraan, kesiapan pengamanan, selain itu pada saat event, keamanan negara juga harus diperhatikan,” kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Mei 2018.

Pengamanan siber dari serangan peretas nakal juga harus diperhatikan. Syafruddin mencontohkan masalah yang dialami panitia Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang,  Korea Selatan.

Peretas menyerang sistem pembelian tiket Olimpiade Musim Dingin 2018. Kejadian itu sempat mengganggu penyelenggaraan acara.

Syafruddin menyebut pemerintah akan belajar dari peristiwa itu. “Supaya pengalaman yang terjadi di negara lain dalam penyelenggaraan nanti di Asian Games bisa diantisipasi dan berjalan lancar sesuai rencana.”

Jenderal bintang tiga itu  menyebut Kemenkominfo serta Badan Siber dan Sandi Negara akan mengantisipasi potensi serangan  mengancam. “Itu kita siapkan bentuk antisipasi, kalau Polri pengamanan fisik,” kata Syafruddin.

 

author