Penutupan Rest Area di Ruas Tol Jabar Saat Arus Balik Bersifat Fleksibel

NTMC POLRI – Tempat istirahat di sepanjang jalur tol di Indonesia terutama Jawa Barat (Jabar) akan ditutup pada arus balik Lebaran 2017.

Tujuannya, menghindari kepadatan di ruas tol karena tingginya volume kendaraan yang memasuki rest area.

“Agar arus balik lebih efisien dan demi peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol, PT Jasa Marga akan melakukan penutupan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) sepanjang jalan tol yang dipakai untuk arus balik Lebaran 2017,” ujar Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, Kamis (29/6/2017).

Sejumlah ruas tol terutama Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami kepadatan jelang rest area saat arus mudik dan balik khususnya.

Banyak kendaraan yang hendak masuk rest area namun kapasitas tidak mampu menampung. Begitu juga dengan arus balik di Tol Japek pada pekan ini.

Soal waktu penutupan rest area, PT Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Polri.

“Penutupan akan dilakukan atas koordinasi dengan pihak kepolisian dengan memperhatikan kondisi lalin, ” ujarnya.

Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Tomex Kurniawan menyebut penutupan rest area amat memungkinkan dilakukan.

“Fleksibel karena bahwa ruang gerak dan kapasitas rest area tidak memungkinkan, kami akan tutup dan mempersilakan pemudik untuk mencari rest area selanjutnya,” kata Tomex di Pos Polisi Cikopo.

Ia mengakui rest area di Tol Japek mengalami kepadatan di ruas jelang rest area. “Yang krusial di rest area KM 62, 52 dan 42 Tol Japek arah Jakarta,” ujarnya.

Kapasitas tiga rest area itu kecil, ucapnya, sedangkan volume kendaraan yang masuk tinggi.

Banyak kendaraan dari ruas tol yang masuk membuat antrean panjang sehingga menimbulkan kemacetan.

author